Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Download

Tips mempercepat download anda :

Jika anda penggemar mendownload sudah tidak asing lagi apabila anda merasa koneksi anda terlalu lambat.
Ada beberapa faktor penyebab kecepatan download anda terasa lambat :
1. Komputer anda terserang virus. Silahkan proteksi komputer anda dengan antivirus yang bagus. Penulis menyarankan menggunakan Kaspersky Antivirus, atau jika anda menggunakan untuk internet silahkan menggunakan Kaspersky Internet security. Ada pula antivirus yang tidak berbayar seperti antivirus lokal smadav, dsb. Kadangkala antivirus lokal tidak mendeteksi virus internasional dan begitu juga sebaliknya. Untuk itu lebih baik menggunakan antivirus free lokal dan interlokal sebagai tameng komputer anda. Hal ini pun cukup ampuh untuk bekerja pada warnet saya. 🙂
2.Cek kondisi kabel jaringan / LAN / slot LAN/ RG45 anda :
Apabila anda merasa kecepatan download anda lamban dan putus2 ada baiknya anda mencoba untuk periksa kondisi kabel / hardware anda. Mungkin saja ada kabel yang terjepit ataupun hangus terbakar, robek, dsb.Tak jarang pula penulis menemukan kerusakan yang disebabkan oleh rusaknya hardware seperti mainboard yang secara langsung berpengaruh pada kestabilan system operasi kinerja komputer anda sehingga cepat terjadi hang.
3. Server tempat anda mendownload di limitasi :
Ada beberapa website menyuguhkan file download tetapi di-limit/dibatasi sehingga kita tidak dapat bandwidth yang full berkisar antara 25/kbps s/d 30 kbps. Yang mana jika anda pengguna premium barulah diberikan bandwidth yang mumpuni. Untuk itu sebaiknya anda pintar – pintar memilih website penyedia download. Berikut beberapa situs penyedia yang saya rekomend untuk anda : mediafire untuk akses internasional, indowebster untuk akses lokal. Dan untuk website yang menggunakan jenis premium account diantaranya adalah : rapidshare, 4shared, megaupload. Berapakah kecepatan yang anda dapatkan dengan menggunakan web mediafire,indowebster ? Sejauh pengalaman saya kualitas kecepatan yang anda dapatkan sebesar 100kbps s/d 200kbps. Sangat cukup besar untuk mendownload file 200mb berkisar 45 menit :).
4. Adapun tips lainnya yaitu menggunakan software Internet Download Manager (not freeware). Anda bisa mengaktifkan fitur scheduler jadi anda tidak perlu menunggu download-an anda selesai satu persatu. Cukup dengan mengaktifkan fitur scheduler terserah anda mau sekaligus mendownload file yang banyak sekaligus atau menunggu antrian satu persatu yang mana menguntungkan bandwidth anda menjadi fokus pada satu download-an sampai selesai atau apabila anda mengaktifkan fitur scheduler ini maka akan bersambung ke downloadan selanjutnya. Fitur ini bisa otomatisasi shutdown apabila file yang diantrikan sudah tidak ada maka akan shut down dengan sendirinya. Ataupun jika anda ingin menjalankan download-an file pada jam2 tertentu anda tentu sangat dimudahkan bukan. Sayangnya software ini tidak gratis tetapi sangat powerful karena jika dibandingkan dengan menggunakan default download windows tentu saja hal ini akan sama seperti menggunakan jasa layanan website rapidshare, dsb.
5. Internet Download Manager Portable :
Software ini banyak berkeliaran di dunia maya, sampai-sampai para hacker dapat memodifikasi software ini sehingga dapat mendownload mp3,mp4 secara otomatis tanpa kita mengklik tombol download. Saya kurang paham apakah ini suatu bugs atau suatu keuntungan bagi si pembuat/ hacker. Yang pastinya anda tidak perlu repot-repot mencari link lokasi tempat mendownload. Dengan hanya membuka website tersebut hupplaaa menu start download sudah bisa keluar otomatis.(Walaupun saya sering kesal karena pada saat membuka website, program idm langsung mendeteksi file video, mp3 untuk mendownloadnya.) Satu lagi apabila kita membuka youtube, dll. Dipojok kiri biasanya terdapat menu download yang mana mempermudah kita sehingga tidak perlu menggunakan media keepvid/youtubedownloader. Hal ini dikarenakan IDM sudah terintegrasi dengan browser yang bisa kita pilih apakah kita ingin menginstalnya pada firefox, google chrome, safari, dllnya. Anda dapat merubah sesuai selera browser yang sering anda gunakan.
Sekian dlu pengalaman saya mengenai tips download diatas. Jika ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada saya atau melalui comment yang mana dengan senang hati untuk menjawab semua pertanyaan anda. Kebetulan baterai blackberry saya sudah low. Mari kita cukupkan dulu share pengalaman saya sampai disini. Lain waktu akan saya jelaskan lebih lanjut mengenai hal – hal yang berkaitan deng dunia teknologi dan informasi yang tentunya sesuai dengan pengalaman yang saya dapatkan selama ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Dan satu lagi saya akan memberikan link untuk mendapatkan software internet download manager (IDM) pada posting selanjutnya. Untuk itu stay tune @ my blog always and keep update from now. ĦëĦëĦë•.‧::‧ • Okay..thanks guys.

Advertisements

~ by qiulsme on November 17, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: